Gharnis Andari Putri (F24150027)
Department of Food Science and Technology (www.fst.ipb.ac.id)
Faculty of Agricultural Technology  (www.fateta.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
 
Consumer Behavior Class IKK 233 FEB 2017- JUN 2017
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Faculty of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
 
Lecturer :
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.idwww.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.idsumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text book:

Ujang Sumarwan. 2011. Consumer Behavior: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Ujang Sumarwan. 2011. Consumer Behavior: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Class : RK IKK 101
Time  : 13.00-15.30
Resume in English:

Consumer has related meaning to users, customers, buyers, decision makers, bargaining process, quality and quantity, perception, preferences, and others. While the definition of consumer behavior are all activities and psychological actions that accompany the moments before and after buying, using and spending the products or services. Consumer behavior is important to learn because it is useful for business, consumer research, and it will make the consumers become wiser and not disappointed on the products / services that have been purchased. Consumer behavior that is well understood will make the consumers have better information about their self, so their behavior can be controlled. It will make the consumer wiser and not fall into adverse business (Sumarwan 2011).

Consumer behavior has three dimensions that related to goods, services, and experience:

1. How to get it?

2. How to take it?

3. How to discard the rest of consumption or parts that are not consumed?

Consumers in the world have something in common, which are influenced by the trend, influenced by other people and also influenced by advertiser. The similarity among consumers is due to globalization and supported by aggressive marketing by multinational companies. There are three factors that influence consumer decisions: 1) the difference between the consumer, 2) marketing activities, and 3) environmental factors. Producers have one way to control the consumer, e.g.: play the market price.

Consumer motivation appear when the consumer needs something, for the example: when consumer feels hungry, the consumer needs to buy foods, and then the process of buying is held. Needs can be divided into two: from the inside and from the outside. While based on the benefit factor, needs can be divided into two: the utilitarian needs and expressive needs. Needs that not achieved yet is called by desire.

Consumer behavior is goals-oriented. Goal is a way to fulfill the needs. Goals are divided into two types, generic goals and product specific goals. Generic goal doesn’t need specific kinds or brands to fulfill their needs. While the product specific goals need specific kinds or brands of product to fulfill their needs. The theory of needs can be described by Maslow theories, these theories is arranged by hierarchy in pyramid form.

Resume in Bahasa Indonesia:

Pengertian konsumen berkaitan erat dengan kata pengguna, pelanggan, pembeli, pembuat keputusan, proses tawar-menawar, kualitas dan kuantitas, presepsi, preferensi, dan lain-lain.  Sedangkan pengertian perilaku konsumen adalah semua kegiatan dan tindakan psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, dan menghabiskan produk atau jasa. Perilaku konsumen penting untuk dipelajari karena berguna untuk kepentingan bisnis, riset konsumen, dan agar konsumen menjadi bijak dan tidak kecewa akan produk/jasa yang sudah dibeli. Perilaku konsumen yang dipahami dengan baik akan membuat konsumen mempunyai informasi yang lebih baik mengenai dirinya, sehingga perilakunya dapat dikendalikan dan menjadikannya konsumen yang bijak dan terhindar dari praktik bisnis yang merugikan konsumen (Sumarwan 2011).

Perilaku konsumen memiliki dimensi yang berkaitan dengan barang, jasa, dan pengalaman yaitu:

1.      Bagaimana mendapatkannya?

2.      Bagaimana mengkonsumsinya?

3.      Bagaimana menghilangan sisa konsumsi atau bagian yang tidak dikonsumsinya?

Konsumen di dunia memiliki kesamaan, diantaranya adalah dipengaruhi trend, dipengaruhi orang lain dan juga dipengaruhi iklan. Kesamaan diantara konsumen ini disebabkan globalisasi dan didukung dengan pemasaran yang agresif oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Terdapat 3 faktor yang mempengaruhi model keputusan konsumen yaitu perbedaan konsumen, kegiatan pemasaran, dan faktor lingkungan. Salah satu cara produsen dalam mengendalikan konsumen adalah dengan memainkan harga di pasaran.

Motivasi dalam diri konsumen muncul karena adanya kebutuhan, misalnya ketika konsumen merasa lapar, akan muncul motivasi konsumen untuk membeli makanan dan terjadilah pembelian. Kebutuhan bisa dibagi menjadi dua berdasarkan factor pendorong, yaitu faktor dari dalam dan dari luar. Sedangkan berdasarkan faktor manfaat kebutuhan dapat dibagi menjadi dua yaitu utilitarian dan ekspresif. Kebutuhan yang tidak terpenuhi kemudian disebut dengan keinginan.

Perilaku konsumen berorientasi pada tujuan. Tujuan adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dibagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum tidak menginginkan produk/jasa dengan jenis tertentu sedangkan tujuan khusus menginginkan produk/jasa yang lebih spesifik misalnya brand tertentu. Terdapat teori kebutuhan yang disebut dengan teori Maslow, teori ini memiliki piramida yang disusun berdasarkan hirarkinya.

References :

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta (ID) : PT Ghalia Indonesia.

Advertisements

PERANGKAT LUNAK : APLIKASI PENGOLAH KATA

Hi! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi pengolah kata yang ada di laptop saya, yaitu Microsoft Word.

Berikut beberapa fitur yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita:

MAIL MERGE

Mail merge adalah fasilitas yang ada di Microsoft Word yang digunakan untuk menulis surat untuk ke beberapa tujuan tanpa mengubah isi surat tersebut, misalnya kita ingin mengirim surat ke si a dan si b dengan isi surat yang sama, kita tinggal menggunakan mail merge. Jadi dengan mail merge kita tidak usah menulis isi surat dari awal demi mengganti nama yang ingin dituju.

Continue reading

Sistem Operasi pada Android

Pada tugas kali ini aku akan membahas tentang sistem operasi Android yang telah banyak digunakan oleh pengguna smartphone di dunia. Android tidak hanya digunakan pada smartphone, tetapi juga dapat digunakan pada tablet, jam tangan, TV, mobil dan lain-lain. Android merupakan sistem operasi dengan sumber terbuka sehingga memungkinkan perangkat lunak mudah dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Hal tersebut membuat Android menjadi platform paling populer bagi para pengembang dan pengguna.

Continue reading

Pengenalan Perangkat Keras

Pada tugas praktikum kali ini aku akan membahas tentang pengenalan perangkat keras. Perangkat keras adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari computer itu sendiri.

Untuk meng-customize perangkat seperti mouse, keyboard, LAN, Sound dan Printer bisa diakses melalui Control Panel

Pada menu start klik menu control panel yang tersedia

controlpanel

Continue reading

Tarung Bites

Pada acara BAUR 2016 yang diikuti mahasiswa ITP  52, kami diberi tugas untuk membuat produk pangan inovatif. Kelompok saya yang merupakan AK 2 Chutney, memiliki ide bagaimana memanfaatkan kelebihan produksi terong milik kating teman saya. Akhirnya kami berencana membuat makanan mirip kroket, tapi dengan campuran terong. Produk itu diberi nama “Tarung Bites“.

Continue reading